Sunday 29 November 2020

BAHAYA!!! HUTAN DILALAP DI JAGO MERAH, PEMIMPIN MENANGIS DARAH!

@sripatmi : harmoni cosmos 


Sekarang sudahkah kalian berjalan dengan kedua kaki kalian dengan sempurna? Setiap hari melangkah keduanya saling beriringan? Adakah satu diantaranya saling mendahului bahkan bersaing untuk merebut perhatian dari si pemilik kaki? Mereka hanya berjalan dengan pola yang tersistematis. Satu sama lain saling berkaitan dan berhubungan. Bergerak dengan arah yang telah ditentukan oleh otot-otot dan syaraf serta tulang kuat yang menopangnya. Sehingga semuanya akan menjadi satu tatanan sistem gerak yang beratur. Satu diantaranya tidak berfungsi dengan baik, maka yang lain akan merasakan efeknya. Kemungkinan akan tidak sempurna dalam proses berjalan. Harus ditunjang dengan sesuatu yang mengkokohkan missal tongkat atau pilar penopang lainnya. Anggap saja jika satu kaki tersebut sakit, bagian tubuh yang lain akan merasakan sakitnya, demam ringan atau gejala lain yang menyertainya. Miniatur ini merupakan gambaran sederhana untuk memberikan representasi hakikat kehidupan yang saling terikat satu sama lain. Dipadukan dengan segala rasa agar terus bersama. Satu kesatuan ini membentuk gerak yang sama antar bagian. Gerak tubuh yang mempengaruhi kehidupan secara menyeluruh.

Hakikat kesatuan anggota tubuh ini menjadikan pantulan refleksi sederhana dari kehidupan yang luas. Dimana hirarki dan sistem kehidupan berjalan akan terus berlangsung. Komponen kehidupan manusia saling berhubungan dengan komponen vital kehidupan lainnya. Hidup saling berdampingan antara manusia dan alam semesta maha perkasa. Manusia makhluk yang dibekali banyak sekali pengetahuan kehidupan. Puncak tertingginya adalah tataran manusia sebagai pemimpin dunia. Menggerakkan roda kehidupan ini berjalan dengan sebuah sistem yang telah disepakati menjadi sebuah konsensus. Ada tatanan dan aturan yang membatasi tindak tanduk manusia. Aturan yang berlandaskan kebenaran dari sebuah pemahaman moral dan para ahli filsafat kebenaran lainnya.

Pemimpin dan alam. Keduanya dekat sedekat urat nadi. Denyutnya sama dengan kehidupan alam ini dan kehidupan makhluk disekitarnya. Jika diamati dengan nurani, gerakannya dengan alam ini seakan selaras. Bersinergi dengan cahaya kehidupan yang terpancar dalam dirinya. Mari kita sama-sama pejamkan mata, gunakan rasa, jiwa dan nurani kita untuk sama-sama memikirkan, apakah kita sosok pemimpin alamiah yang ditunjuk secara langsung oleh kehidupan ini atau dibentuk dari proses seleksi alam? Mandataris seorang pemimpin adalah pemangku kepentingan semesta bukan kepentingan dirinya semata.

Alih-alih yang terjadi saat ini adalah pemimpin tidak memiliki hubungan yang kokoh seperti hubungan anggota tubuh dan ruh yang mengisinya. Sebagian besar mereka menjadi boneka yang bergerak atas dasar kepentingan diri semata. Maka diri itu tidak ada peperangan melawan ego diri yang serasa tamak. Segalanya ingin dikuasai menjadi milik pribadi. Meletakkan cap stempel dengan deretan nama dinasti kerajaannya. Gelang rantai kekuasaan yang dikaitkan dengan hubungan kekeluargaan untuk memenuhi sederet nafsu perutnya. Seberapa banyak perut ini diisi, ia akan kembali pada lubang pembuangan akhir tinja. Masuk dari mulut keluar dari anus. Masuk dari bagian yang tinggi, keluar ke lubang yang lebih rendah bahkan nista. Bayangkan saja, siapa yang akan bersedia mengobok-obok lubang tinja? Itulah hakikatnya kepentingan perut yang banyak diperjuangkan sebagian besar pemimpin. Diperparah lagi dengan kondisi yang sangat mengerikan dimana untuk mendapatkan tahta pemimpin itu harus baku hantam dan terjadi pertumpahan darah yang menyebabkan keadaan semakin chaos.

Pada sisi yang bersamaan, ada bagian dari pemimpin yang membuat kamuflase untuk menutupi strategi dan tujuan yang akan dicapai agar tidak menjadi kemelut. Tentunya ini bukan sebuah konspirasi biasa, melainkan konspirasi terhadap alam semesta. Sekali lagi, pertautan keduanya tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Meski ada pertautan dari keduanya, bukan berarti adanya pergeseran makna terhadap hukum rimba itu sendiri. Siapa yang kuat, dialah yang berkuasa. Cermati lebih dalam lagi, apakah itu yang dimaksud dalam hukum rimba secara harfiah? Mereka yang menang dalam kontestasi ajang perdebatan kepentingan, lalu mereka yang akan menduduki singgasana tertinggi suatu kerajaan? Jika demikian, benturkan dengan premis lain yang menyatakan raja tanpa mahkota?

Hukum rimba sendiri pada hakikatnya mengandung essensi nilai yang lebih dalam dibanding makna konotatif dan denotatif. Tataran disiplin ilmu yang maha agung untuk menggambarkan sebuah aspek hukum rimba. Kekuatan dari alam semesta ini mampu menitahkan manusia terpilih untuk menjadi seorang pemimpin. Pemimpin alamiah yang telah dipersiapkan segalanya dalam bentuk kekuasaan yang hakiki. Dua hakikat kata memimpin dan dipimpin ini membentuk sebuah siklus mata rantai tatanan kehidupan. Ada raja, ada rakyat, tentu ada kekuasaan didalamnya. Roda siklus mata rantai kepemimpinan ini pada akhirnya mengacu pada sebuah kekuatan untuk sama-sama menggerakkannya dalam sebuah tujuan yang sama. Hal serupa dengan analogi yang disebutkan pada awal paragraf yang mengatakan hubungan anggota badan. Akankah roda kekuasaan berjalan tKareanpa didorong oleh kekuatan mata rantai lainnya? Munculnya kekuatan seorang pemimpin didorong oleh gerak kuasa dari rakyatnya. Maka tidak ada cerita tentang pemimpin boneka, pemimpin kaleng-kaleng. Dekandensi makna itu saja sudah melenceng jauh dari kehidupan kita, maka dari mana ceritanya kita bisa mendapatkan pemimpin yang sesungguhnya? Pemimpin itu diciptakan secara alamiah, jika karbitan matang lebih cepat, berbeda rasanya. Tidak ada sentuhan sedekat urat nadi. Sentuhannya hanya untuk melenggang kekuasaan pada sebagian besar keluarganya. Bahkan karena faktor kekuasaan dan kepentingan perut saja, hubungan keluarga sudah diiris dalam titik nadir. Renungkan sekali lagi dalam diri!

Jangan ada tuntutan apapun terhadap seorang pemimpin jika kita hanya tergerak dengan gerak kuasa iming-iming! Sudah seharusnya gerak yang dihasilkan dari sebuah proses berpikir dan bertindak adalah gerak mekanik yang berjalan lurus pada hakikat nilai kebenaran. Memilih dan terpilih sebuah pemaknaan subjek dan objek atas segala pergerakan. Mau menjadi raja atau rakyat, pergerakannya bagaikan langkah kaki kanan dan kiri saat berjalan, selalu bersinergi. Sudah secara otomatis ketika keduanya sudah bertautan maka kriteria dan syarat yang diinginkan sebagai seorang pemimpin seperti nubuat yang dipenuhi sendiri (self-fulfilling prophecy), yakni ramalan yang menjadi kenyataan karena, sadar atau tidak, kita percaya dan mengatakan bahwa ramalan itu menjadi kenyataan. Harapan dan kepentingan rakyat sejalan dengan gerak kuasa seorang raja. Rakyat kekuatan, raja adalah kekuasaan. Keduanya hampir sepadan bukan? Kemunculan sosok ini masih menjadi misteri bagi sebagian besar orang. Jika rakyat sudah memenuhi standar rakyat yang baik, maka mana sosok raja yang baik pula? Sekali lagi kata standar ini bukan menjadi hal yang baku, karena kata standar sendiri adalah konsensus penyeragaman bahasa oleh manusia. Sudut pandang akan merubah kata standar menjadi banyak makna.

Pemimpin dan rakyat adalah pantulan dua bayangan cermin yang saling berseberangan. Sudha tentu gerakannya akan sama. Jangan hanya berfokus pada posisi. Posisi cermin kanan menjadi kiri dan kiri menjadi kanan. Kita semua dilahirkan sebagai manusia yang berbudi, jangan mencari pembenaran diri dengan menjadi spindoctor yang seakan hebat untuk memperoleh tujuannya. Sudah waktunya kita mulai bercermin. Seperti apa gerak kita pada cermin tersebut? Mengapa tidak sama dengan gerak cermin diseberangnya? Adakah yang salah dalam diri kita? Apakah harus memandang dari sudut yang lain? Bahkan memandang tanpa sudut menggunakan kacamata helicopter view?

Permasalahan pemimpin ini sudah menjadi konsumsi makanan basi bagi rakyat yang terumbar janji-janji. Bertahun-tahun menjalani kehidupan dengan penuh pengharapan, tetapi yang terjadi jauh panggang dari api. Tidak matang, bahkan tidak tahu objek apa yang sedang ada diatas alat panggang tersebut? Jangan-jangan hanya sebatas pepesan kosong tanpa isi? Mengerikan sekali permasalahan yang begitu pelik ini. Apatis bukan jawaban. Skeptis apalagi? Malah hanya menambah beban permasalahan. Dari waktu ke waktu pandangan kita semakin tajam, menatap makna pemimpin lebih mendalam. Apakah orang yang merangkak dengan wajah tertelungkup yang lebih terpimpin atau orang berjalan tegap diatas jalan yang lurus? Dan keduanya berjalan pada falsafah kebenaran.

Jika semesta raya ini sudah meletakkan mahkota istimewa diatas kepala pemimpin terpilih, maka pemimpin itu akan senantiasa menghargai alam. Kerusakan alam dan hutan adalah cerminan nyata kehidupan pemimpin. Dari paparan diatas telah jelas bahwa pemimpin membawa sifat dasar dasar alam. Hidup dan menghidupi. Manusia hidup bersama alam, begitupun sebaliknya. Intisari alam telah merasuk dalam dirinya. Apapun keadaannya, alam tetap memberikan persembahan terbaik kepada manusia, menyerap segala unsur kebaikan dan mengembalikan essensi nilai manfaat yang bisa dirasakan dengan tulus. Memberikan tempat singgah yang nyaman diatas tanah. Memberikan hijau yang memukau. Digerogoti hijau itu menjadi abu dan kelabu. Asap beterbangan kemana-mana, sesak napas, kopong paru-paru dunia. Sampai dengan saat ini kita tidak pernah bisa menghitung berapa jumlah oksigen yang telah kita hirup dari setiap helai daunnya. Kondisi ini akan menimbulkan efek domino dimana setiap kepulan demi kepulan asap menghilangkan nilai murni alam itu untuk memberi setulus hati tanpa pamrih. Rantai makanan terputus dan rusaknya sebagian besar tatanan kehidupan yang ada. Padahal, setiap waktu jasad ini selalu menerima pemberian dari alam itu secara cuma-cuma bahkan lebih berdaya guna dengan sistem dagang transaksional yang diciptakan oleh manusia. Hutan tandus, salah siapa? 

Alam menjaga kita, sudah seharusnya kita juga menjaga alam. Ada atau tiada kita didalam dunia ini, kehidupan terus berjalan. Tetapi bukan hanya itu saja permasalahannya, seberapa besar kita berperan untuk kehidupan kita yang telah menghidupi kita kali ini? Dari dedaunannya yang berfotosintesis, manusia merasakan banyak manfaat didalamnya. Untuk memenuhi rongga dada dengan oksigen yang segar didalamnya. Jika kita ingin hitung-hitungan dengan alam, saya rasa manusia takkan mampu menebus segala anugerah yang diberikan alam untuk menghidupinya. Mulai dari terbukanya mata hingga menutup mata di pembaringan akhir. Lalu apa yang sudah kita lakukan untuk membalas segala kebaikan alam itu?

Jika selama ini masyarakat adat dan pemimpin adat setempat menjadi roleplayer terhadap perlindungan hutan. Sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk saling bahu membahu mengambil peran dan tanggung jawab yang lebih terhadap alam. Keluhuran budi dan ilmu inilah yang seharusnya kita junjung tinggi dalam kehidupan. Pelajaran di sekolah saja tidak cukup untuk menumbuhkan kesadaran antar manusia untuk hubungan timbal balik alam dan manusia. Sedini mungkin orientasi dan tanamkan dalam jiwa tentang kelestarian alam. Suatu saat nanti, generasi kita pasti akan terpanggil oleh gerak alam menjadi pemimpin yang terpimpin. Peran generasi muda sudah harus banyak mencontoh gerakan di hyperlink https://www.golonganhutan.id/. Kepedulian tim Golongan Hutan terhadap lingkungan adalah gerakan yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan. Menjadi penjaga, pelindung, pengawas dan segala informasi persuasif untuk seluruh rakyat Indonesia. Pioneer/pelopor perubahan sikap terhadap hutan.

Saat penat dengan kebisingan, hiruk pikuk, dan polusi yang meracuni diri, kemana kita akan berlari? Alam dan hutan yang segar, terasa damai menyejukkan mata. Pernahkah kita melirik sedikit saja kepada alam? Hanya menjadikannya sebagai pelampiasan berlibur saat kota sudah tak bersahabat. Menjadi makhluk yang tamak menikmati sumber daya alam yang berlimpah ini sendiri, tidak memikirkan keberlangsungan hidup anak cucu kita dimasa mendatang. Jangan sampai hutan hanya menjadi bagian dari sejarah yang pernah tertulis, lalu hilang didalam perut para penebang liar.  Sampai dengan saat ini saya masih meyakini, siapapun kita masih ada kebaikan didalam diri kita untuk berbuat terbaik terhadap kehidupan, keberlangsungan anak cucu.

Kehormatan pemimpin terletak pada caranya untuk menjaga keberlangsungan hidup makhluk dibawah kepemimpinannya. Paritrana pertama, bentuk kesadaran antara pemimpin dan yang dipimpin. Banyak makhluk yang hidup tetapi tidak sadar akan keberhargaan dirinya sebagai seorang pemimpin untuk dirinya sendiri. Hidup bergantung pada alam sekitarnya tetapi lupa untuk menjaga kebaikannya. Sehingga hanya menjadi benalu untuk pepohonan yang tumbuh subur. Simbiosis yang dibentuk hanya sebatas faktor butuh. Padahal hidup menjadi benalu pula dapat mati juga sumber nutrisinya mati. Ironi, keadaan ini akan memberikan dampak buruk untuk generasi penerus. Lembaga pendidikan formal, informal dan nonformal harus membantu menanamkan nilai kebaikan untuk alam, khususnya hutan kita. Merusak hutan berarti merusak diri sendiri, karena satu kesatuan. Hutan adalah rumah kedua untuk kita kembali. Bahkan menempati kedudukan yang sama dengan diri sendiri. Reputasi kita saat ini adalah Indonesia paru-paru dunia. Pertahankan reputasi ini sebagai kehormatan tertinggi yang diberikan semesta raya ini untuk kita. Sosialisasi dan penyuluhan yang intensif perlu dilakukan dengan skema penetapan dari seorang pemimpin. Menjalankan pendekatan akar rumput (grass root) dalam pijakan pedomana hidup.

Paritrana kedua adalah mengubah abu dan kelabu dalam benang hitam dan putih yang jelas. Penegakkan legitimasi hukum dianggap lemah karena pembalakan dan penebangan hutan diluar kontrol dari penglihatan manusia itu sendiri. Sehingga perpanjangan organ tubuh mereka harus diletakkan dalam setiap gerbang hutan. Jangkauan yang terbatas diperpanjang dengan menempatkan perisai pelindung wilayah hutan. Pelindung hutan mengemban tugas mulia untuk menjaga kelangsungan hidup kita. Berikan kehormatan khusus untuk mereka dalam bentuk fisik dan nonfisik. Pemerintah bisa mencanangkan insentif terhadap pelindung hutan, meski nilai yang terkandung dalam insentif tersebut tidak dapat menggantikan kemuliaan tugas mereka. Wujud apresiasi ini menjadi sebuah lencana yang disematkan kepada patriot hutan di Indonesia. Insentif ini diberikan kepada masyarakat adat dan pemimpin adat guna menjaga kelestarian hutan di Indonesia. Selain itu, insentif ini akan memberikan manfaat untuk mendorong potensi ekonomi dan pemberdayaan masyarakat untuk terlibat langsung hidup bersama dengan hutan kita. Watchdog bukan hanya dari sistem top bottom, sekarang harus dikembangkan secara linear dan sirkular. Mereka yang melanggar dan melakukan pembalakan liar diberikan sanksi hukum serta sanksi moral dalam masyarakat.

Paritrana ketiga adalah perencanaan purifikasi dan restorasi. Adanya sebuah pergeseran nilai yang menyebabkan manusia seakan skeptis dan apatis terhadap hutan, jangankan hutan bahkan terhadap dirinya sendiri. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu modernisasi, pesatnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi. Sehingga kepedulian terhadap lingkungan internal dan eksternal semakin berkurang. Upaya preventif dan kuratif yang dapat dilakukan adalah Mencanangkan hari tanam nasional seluruh masyarakat menanamkan satu pohon untuk masa depan. Gantungkan sebuah harapan pada pohon yang mereka tanam. Hal ini akan merangsang daya kreatif imajinasi dan rasa memiliki (sense of belonging) yang tinggi. Satu bulan sekali masyarakat mengamati perkembangan pohon-pohon yang mereka tanam. Bahkan untuk pelaku pembalakan liar diwajibkan menjalankan hukum alam untuk menanam pohon sebanyak yang mereka tebang. Selama masa tanam, uji emisi gas harus diterapkan secara ketat untuk menjaga kontrol kehidupan seimbang. Modernisasi dan perkembangan IPTEK membawa perubahan positif berupa paperless atau pengurangan penggunaan kertas. Kertas dihasilkan dari hutan, kita tidak pernah tahu seberapa banyak pohon yang ditebang untuk membuat berlembar-lembar kertas yang kita buang sia-sia.

Keanekaragaman hayati (biodiversitas) dilindungi dengan upaya intensif yaitu menjaganya dalam habitat itu sendiri. Habitat terbaik bagi tumbuhan dan hewan-hewan adalah hutan. Segala elemen itu hidup berdampingan, sumber air, tanah subur, udara bersih. Membentuk cagar alam, kawasan konservatif dan hutan lindung sudah menjadi bagian dari sejarah yang tak bisa dijarah. Menjalankan dharma tertinggi dengan menjalankan dasa raja dhamma terhadap kehidupan alam.  Keselarasan hidup dengan anugerah alam, harmoni cosmos manusia dengan dharma bhakti tertinggi dan keagungan Sang Pencipta. Apapun yang kita berikan kepada hutan akan dikembalikan lagi kepada kita. Merusak alam, alam murka, dihabisi sudah kehidupan diatasnya. Jika alam sudah murka, salah siapa?

Amanah bukan sembarangan amanah. Jangan sampai amanah menjadi amarah karena kita membuat hijau menjadi merah. Berkobar asap membumbung ke udara dengan tangisan berdarah. Mari kita jaga alam sebagai anugerah!

 

291120

***

https://www.kompasiana.com/sripatmi/5fc315de8ede483c4e394d22/bahaya-pemimpin-menangis-darah-hutan-dilalap-si-jago-merah

0 comments:

Post a Comment