Sunday 12 January 2014
Sunday, January 12, 2014

Komunikasi Menurut Para Ahli

DEFINISI KOMUNIKASI



Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna diantara makhluk yang lain. Ibnu Arabi menyimpulkan bahwa manusia adalah manusia yang serba mencakup, untuk merujuk kepada manusia yang sempurna ( insan kamil). Manusia merupakan totalitas penciptaan Tuhan. Sedangkan makhluk yang lain merupakan subtotal penciptaan Tuhan. Hubungan manusia dan Tuhan erat kaitannya dengan teori kosmos atau alam semesta. Alam semesta merupakan bagian dari kosmos itu yang disebut makrokosmos, manusia adalah mikrokosmos dan Tuhan adalah metakosmos.

Dalam realita kehidupan, manusia merupakan makhluk yang lemah, meskipun makhluk yang diciptakan dengan proses penciptaan paling sempurna. Manusia membutuhkan bantuan dalam proses pemenuhan segala aspek kehidupan. Kita sering mengungkapkan istilah ini, yaitu manusia adalah makhluk sosial. Pemenuhan kebutuhan itu bukan hanya dipandang dalam perspektif ekonomi, melainkan pada aspek yang lain, seperti aspek sosial dan budaya. Manusia memerlukan sebuah interaksi dalam kehidupannya. Interaksi ini erat kaitannya dengan proses komunikasi.

Komunikasi? Sahabat, apa yang anda tahu  mengenai komunikasi? Berikut saya akan membahas tentang beberapa pengertian komunikasi menurut beberapa ahli :

1.      Bernard Berelson
Komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan dan sebagainya, dengan menggunakan simbol – simbol, kata – kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang biasanya disebut sebagai komunikasi.

2.      Gode ( 1959 )
Komunikasi adalah suatu proses membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.

3.      Barnlund (1964)
Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan – kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.

4.      Weaver (1949)
Komunikasi adalah suatu prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya.

5.      Ruesch ( 1957 )
Komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.

6.      Everett M. Rogers
Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

7.      Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerima dengan niat yang disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima.

8.      Theodore M. Newcomb
“Setiap tindakan komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi, terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dan sumber kepada penerima”.

9.      Carl I. Houland
Komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan (biasanya lambang – lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain (komunikate).

10.  Raymond S. Ross
Komunikasi (intensional) adalah suatu proses menyortir, memilih, dan mengirimkan simbol – simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.

11.  Mary B. Cassata dan Molfi K. Asante
Komunikasi adalah transmisi informasi dengan tujuan mempengaruhi khalayak.

12.  John R. Wenburg dan William W. Wilmot
Komunikasi adalah usaha untuk memperoleh makna.

13.  Donald Byker dan Laren J. Anderson
Komunikasi (manusia ) adalah berbagi informasi antara dua orang atau lebih.

14.  William I. Gorden
Komunikasi secara ringkas dapat didefinisikan sebagai transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan.

15.  Judy C. Pearson dan Paul E. Nelson
Komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna

16.  Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss
Komunikasi adalah suatu proses pembentukkan makna diantara dua orang atau lebih.

17.  David K. Ivy
Komunikasi adalah proses yang terus berlangsung dan dinamis menerima dan mengirim pesan dengan tujuan berbagi makna.

18.  Karl Erik Rosengren
Komunikasi adalah interaksi subjektif purposif melalui bahasa manusia yang berartikulasi ganda berdasarkan simbol – simbol.

19.  Andersen ( 1959 )
Komunikasi adalah suatu proses dimana kita mengerti orang lain dan kemudian berusaha untuk dimengerti oleh mereka. Ini dinamis, berubah secara konstan dan membagi respons untuk situasi yang total.

20.  Oliver, Zelka dan Holtzman (1962)
Komunikasi secara mendasar berarti stimulasi dalam pikiran orang lain yang beresensi pengetahuanmu, pengertian dan sense kejadian penting, perasaan, fakta, opini atau situasi yang kamu usahakan untuk digambarkan.

21.  Emery, Ault dan Agee ( 1963 )
Komunikasi diantara manusia adalah seni menyampaikan informasi, ide dan tingkah laku dari satu orang ke orang lain.

22.  Lewis (1963 )
Komunikasi adalah proses dimana seseorang mengurangi ketidakpastian mengenai penyimpangan dengan mendeteksi isyarat yang diberikan padanya agar menjadi relevan terhadap penyimpangan tersebut.

23.  Gerbner ( 1966 )
Komunikasi adalah interaksi sosial melalui simbol dan sistem pesan.

24.  Dance ( 1967 )
Komunikasi manusia adalah mendapatkan respons melalui simbol – simbol verbal.

25.  Martin dan Anderson (1968 )
Komunikasi tidak dapat dimengerti kecuali sebagai proses dinamis dimana pendengar dan pembicara, pembaca dan penulis bertindak secara timbal balik, pembicara bertindak memberikan sensor stimulus pendengar secara langsung dan tidak langsung; pendengar bertindak memberikan stimulus dengan menerimanya, menyimpannya dengan arti memanggil image, kemudian menguji image tersebut melawan informasi yang disampaikan dan perasaan dan cepat atau lambat bertindak atas image tersebut.

26.  Goyer ( 1970 )
Komunikasi adalah berbagi pengalaman, dapat diamati sebagai penelitian dimana respons penggerak dan penerima ( keduanya penting dalam organisasi ) berhubungan dengan sistematis untuk referensi stimulus.

27.  Hawes ( 1973 )
Komunikasi adalah tingkah laku yang sudah terpola dengan referensi simbol.

28.  Alfred Korzybski
Kemampuan manusia berkomunikasi menjadikan mereka “pengikat waktu” (time – binder).

29.  Edward T. Hall
Komunikasi adalah budaya, budaya adalah komunikasi.

30.  Harold Lasswell
“(Cara yang baik untuk menggambarkan komunikasi dengan menjawab pertanyaan – pertanyaan berikut) Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect?” Atau Siapa Mengatakan Apa Dengan Saluran Apa Kepada Siapa Dengan Pengaruh Bagaimana?

Dari beberapa definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa komunikasi merupakan suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan yang terjadi didalam diri seseorang dan atau diantara dua orang atau lebih dengan tujuan tertentu.

***


Bibliografi  :
Mulyana, Deddy. Iimu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2008
Ardianto, Elvinaro dkk. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2007
Sendjaja, Djuarsa dkk. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Universitas Terbuka. 2011



0 comments:

Post a Comment